Sunday, June 19, 2016

Cara Memahami Burung Cucak Ijo Mini

Cara Memahami Burung Cucak Ijo Minisalah satu jenis burung penyanyi dari keluarga Chloropseidae yang tak boleh dilewatkan. Mungkin benar ukuran tubuhnya lebih kecil dari sejenisnya, namun jika sudah bicara mengenai bakat dan kicauan ia juga tak kalah istimewa. Selain suara gacor yang cocok untuk memaster jenis burung lain, unggas yang bernama latin Chloropsis cyanopogon ini juga cukup piawai meniru nada suara burung lain. Inilah mengapa jenis spesies yang bernama lain Lesser green leafbird ini dari dulu cukup digilai para kicau mania di Indonesia.
Cara Memahami Burung Cucak Ijo Mini
Dalam waktu terakhir sudah cukup banyak penghobi atau ahli berpendapat, bahwa burung cucak ijo mini keberadaan-nya sudah sangat populer di pulau Sumatra namun tidak begitu ramai di Pulau Jawa. Mungkin hal tersebut juga sangat wajar adanya, mengingat burung ini memang paling banyak ditemui di pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, burung juga kerap dianggap sub-spesies dari burung cucak ranting atau cica daun sayap biru (Chloropsis cochinchinensis). Namun juga tidak sedikit yang menyangkalnya, bahwa burung cucak yang satu ini merupakan jenis spesis tersendiri.

Mungkin bantahan tersebut cukup beralasan, sebab jika dilihat dari segi penampilan dan postur tubuh saja keduanya sudah sangat berbeda. Warna bulu cucak ijo mini seluruh tubuhnya bewarna hijau, sementara itu cucak ranting lebih mempunyai kombiasi warna hijau dan kuning pada bagian badan serta kepalanya. Cucak ranting juga memiliki warna biru terang pada bagian sayap dan ekornya. Akan tetapi untuk urusan suara, cucak mini ini dinilai penghobi lebih mempunyai kicauan yang bervariasi dan diklaim lebih pandai meniru suara burung lain.

Wilayah Penyebaran
Burung yang lebih dikenal oleh negara-negara barat dengan nama blue-whiskered green bulbul ini sebenarnya terbagi menjadi 2 sub-spesies atau ras, yang pertama bernama ilmiah Chloropsis cyanopogon septentrionalis dan yang kedua bernama Chloropsis cyanopogon cyanopogon. Kedua jenis cucak ijo ini memiliki wilayah penyebaran dna habitat yang berbeda-beda. Ras pertama kebanyakan ditemui Barat Daya Thailand dan Wilayah Utara Semenanjung Malaysia. Sementara ras kedua banyak ditemukan di Wilayah Selatan Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan.

Ciri Cucak Ijo Mini
ciri-ciri untuk bisa mengenali burung cucak ijo mini cukup mudah. Bisa dilihat, ukuran tubuhnya mungil yang rata-rata bisa tumbuh sekitar 15-18 cm. Selain itu, warna hijau di semua bagian tubuhnya lebih gelap. Tidak ada warna biru, baik itu di bagian wajah atau bagian tubuh lainnya. Suara memang merdu dan nyaring, namun powernya kerap naik turun atau tidak konsisten.

Kandang
Rata-rata ukuran sangkar yang biasa digunakan setiap penghobi berukuran 50 x 60 cm. Sebetulnya bentuk atau ukuran kandang tidak bisa disesuaikan secara pasti, sebab tergantung kebutuhan status burung itu sendiri. Misalnya, untuk burung master, penangkaran atau hanya dijadikan  sekedar hewan peliharaan rumah tentunya untuk kandangnya sudah berbeda lagi.

Perawatan Harian
Jika sebelum memandikan pada saat pagi dan sore hari, angin-anginkan dulu cucak ijo mini selama 25 hingga 30 menit. Pemandian sendiri tergantung kebiasaan burung, entah itu metode semprot ataupun keramba. Setelah itu, biarkan dulu ia berjemur kurang lebih 1 hingga 3 jam tergantung kondisi cuaca. Jika cuaca sedang panas bisa dilakukan 1 hingga 2 jam saja, namun jika cuaca sedang dingin bisa dilakukan antara 2 sampai 3 jam.

Pakan
EF atau extra food merupakan makanan cucak ijo mini tambahan yang sudah jelas juga dibutuhkan, namun harus dilakukan dengan takaran yang benar. Pakan nutrisi yang biasa diberikan oleh setiap pemelihara untuk burung mungil ini berupa Jankrik ataupun ulat hongkong. Beri jangkrik sebanyak 2 ekor pada pagi dan sore hari. Selain itu, beri pakan kroto 2x dalam seminggu sebagai selingan. Setiap harinya beri ia makanan buah-buahan guna menunjang vitamin c pada tubuhnya seperti buah pisang dan pepaya.

Source:cucak ijo mini, burung cucak ijo mini, Ijo mini, cucak hijau mini, cak ijo mini, cicak ijo mini, burung ijo mini, cucak mini, cucak ijo mini betina, Burung cucak mini

No comments:

Post a Comment

Up